Tips Memilih Frame Foto yang Sesuai dengan Konsep Ruangan

Saat ini, kegiatan mengabadikan momen dalam hidup dengan kamera smartphone sudah menjadi hal yang lumrah. Nah, agar foto-foto tersebut tidak hanya menumpuk di memori smartphone dan membuat kinerjanya menjadi lelet, maka hal yang bisa Anda lakukan adalah mencetaknya. Setelah dicetak, tentu Anda harus memilih frame foto yang menarik dan sesuai dengan tema ruangan.

Sehingga, frame dan foto tampak selaras dan tidak terlalu kontras dengan konsep interior yang diinginkan. Untuk menentukan frame foto yang tepat, yuk, ikuti tips-nya di bawah ini!

Tips Memilih Frame Foto

Ada beberapa tips bagi Anda untuk memilih bingkai foto, berikut ulasannya:

  1.       Memilih Kualitas Terbaik

Tips memilih frame foto yang pertama adalah dengan melihat kualitas materialnya. Pastikan frame mempunyai kualitas yang tinggi, tidak cepat berjamur, serta tidak mudah rusak.

Sebaiknya, pilih juga yang awet, warna dasarnya tidak pudar, dan tidak mudah pecah. Harga frame dengan kualitas tinggi mungkin lebih mahal, tetapi, jika dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama, tentu bisa menghemat pengeluaran untuk membeli pengganti, kan?

Berat bingkai juga perlu diperhatikan. Pastikan agar bingkai lebih kokoh ketika menahan beban. Cek juga kerapian bingkai dan sambungannya.

  1.       Menyesuaikan dengan Fotonya

Bingkai foto yang bagus tentu bisa menyeimbangkan foto yang akan dibingkai. Pilih lah motif yang sesuai dengan jenis foto yang akan digunakan. Tentu tidak lucu kalau Anda membingkai foto pernikahan dengan bingkai warna warni yang mencolok. Atau membingkai foto si Kecil dengan frame yang bertema vintage.

  1.       Perhatikan Ukurannya

Tips memilih frame foto yang selanjutnya adalah memperhatikan ukurannya agar sesuai dengan ukuran foto. Nah, ukuran foto sendiri ada berbagai macam, mulai dari 2R sampai 30R. Ada juga yang menggunakan ukuran A mulai dari A0 hingga A10.

Foto yang besar biasanya dipakai untuk jenis foto yang berkelompok. Untuk ukuran foto ini, maka bingkai dengan ukuran 8R atau A4 sangat tepat untuk dipilih. Dengan begitu, foto pun akan tampak menarik dan terlihat laiknya mini poster.

  1.       Pilih Bahan Penutup Bingkai yang Tepat

Biasanya, bahan yang paling sering digunakan sebagai penutup bagian depan bingkai adalah akrilik dan kaca. Penutup kaca memiliki harga yang lebih murah. Selain itu, kaca juga lebih tahan dari goresan sehingga foto di dalamnya tampak jernih.

Akan tetapi, kaca lebih mudah pecah. Sehingga, tidak bisa diletakkan sembarangan dan tidak bisa ditempatkan pada lokasi yang mudah dijangkau oleh anak-anak. Sedangkan akrilik lebih tahan dari benturan dan tidak gampang pecah. Namun, mudah kotor karena debu.

Memilih Bingkai Digital

Selain frame tradisional, Anda juga bisa mempertimbangkan bingkai digital. Jenis bingkai ini lebih praktis karena sifatnya yang fungsional. Nah, salah satu penyedia jasa bingkai digital adalah Wallfame. Dengan memanfaatkan Wallfame, Anda bisa mengubah feed Instagram menjadi bingkai lucu di dinding rumah.

Praktisnya lagi, bingkai foto Wallfame tidak memerlukan paku atau gantungan untuk meletakkannya di dinding. Anda hanya perlu menempelnya secara langsung. Keunggulan lainnya adalah menggunakan kertas foto Kodak yang memiliki kualitas tinggi dan ukuran bingkai yang cukup besar yakni 21 x 21 cm.

Tunggu apa lagi, segera kunjungi website wallfame.com dan buat foto terbaikmu di smartphone atau Instagram terpasang di dinding rumah!