Tips Digital Photo Agar Hasilnya Keren

Digital photo saat ini lebih banyak dipilih oleh generasi muda ketimbang film photo. Pasalnya, jenis foto yang satu ini lebih mudah dalam hal penyimpanan serta lebih praktis pada proses pengolahannya.

Meski begitu, tidak jarang foto yang diambil terasa kurang bagus serta tidak memuaskan. Untuk itu, simak tips digital photo untuk hasil yang lebih sempurna. Berikut penjelasan selengkapnya!

1. Ambil Gambar Lebih Dekat

Cobalah Anda memotret objek lebih dekat. Anda dapat bergerak maju selangkah maupun dua langkah menuju objek. Intinya, usahakan penuhi layar dengan objek. Lihatlah perbedaan saat memotret jarak lebih dekat serta jauh. Semakin dekat jaraknya, maka Anda akan semakin bisa menangkap ekspresi maupun aura dari suatu objek.

Jangan lupa, pasang titik fokus supaya tidak blur. Banyak orang yang menggunakan kamera dengan cara kurang tepat, yaitu tidak menyetel titik fokus. Akibatnya gambar akan menjadi buram karena tak terpusat pada titik yang seharusnya.

Baca juga : Mengenal Ukuran Foto Agar Anda Tidak Salah Cetak

2. Perhatikan Pencahayaan

Sebelum mulai membidik objek, sebaiknya coba pahami darimana asalnya arah cahaya. Ingat cahaya amat penting dalam fotografi. Anda dapat memanfaatkan cahaya matahari maupun cahaya lampu guna mempercantik objek yang akan difoto. Dalam hal ini, Anda pun perlu memperhatikan bayangan. Jangan sampai gambar yang Anda hasilkan terlampau gelap.

3. Menggunakan ISO

Anda dapat memanfaatkan ISO rendah, 100 atau 200 saat memotret objek di siang hari. Apabila Anda memotret di malam hari, Anda dapat memakai tripod. Kemudian gunakan ISO 800 atau 1600. Hindari menggunakan ISO yang terlalu tinggi supaya noise dapat berkurang.

4. Menggunakan Aperture f/4

Anda dapat mencoba memakai aperture f/4 guna menghasilkan gambar yang lebih fokus ke objek, bukan ke background.

5. Membingkai

Anda dapat membingkai objek dengan sesuatu. Contohnya Anda mengambil foto bunga menggunakan bingkai jendela atau sebagainya.

6. Jangan Tergesa-gesa saat Menekan Tombol Shoot

Cobalah tidak tergesa-gesa saat menekan tombol shutter. Anda dapat perhatikan lebih dulu komposisi, pencahayaan objek via viewfinder. Bila telah dirasa pas, baru tekan tombol shutter.

7. Terapkan Single Point Autofocus

Single point autofocus adalah mode pengaturan untuk memfokuskan hanya di satu titik. Ini dapat memungkinkan foto jadi terfokus di satu objek saja. Mode ini dapat jadi opsi bagi para pemula sebelum mencoba mode fokus secara manual yang umumnya dipakai oleh fotografer profesional.

Baca juga : Membuat Kolase Foto Aesthetic Hanya Dengan Android

8. Hindari Menggunakan Filter Lensa

Filter mempunyai banyak kegunaan dalam dunia fotografi. Namun tidak dapat membantu meningkatkan ketajaman pada gambar. Jika terdapat banyak elemen kaca maupun plastik yang memiliki akses cahaya, maka akan semakin banyak juga cahaya dapat terdegradasi. Sehingga bisa mengurangi fokus objek yang akan dipotret.

Itu tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan digital photo yang keren. Jika sudah didapat foto yang disukai, Anda dapat memesan cetak foto terbaik di wallfame.com untuk memajangnya di dinding.

Dengan cetak foto di Wallfame, Anda akan melindungi foto sekaligus memberikan aksen tersendiri pada foto Anda. Karena foto akan tampak natural dan ukuran bingkainya 21x21 cm. Cukup pas untuk diletakkan di ruang tamu bukan? Selain itu, bingkai dari Wallfame juga cukup fungsional dan tidak merusak dinding. Pasalnya, di bagian belakang bingkai terdapat perekat. Jadi, Anda tidak memerlukan paku lagi. Simple, kan? Yuk langsung klik tombol dibawah ini!