Fakta Menarik Mengenai Aerial Photography

Pernah lihat foto pantai yang tampak dari atas? Sehingga, bisa membingkai ombak yang saling berkejaran dengan pantulan cahaya matahari yang memukau. Nah, teknik fotografi yang seperti itu disebut dengan aerial photography.

Apa itu aerial photography? Teknik fotografi yang satu ini merupakan proses pengambilan gambar melalui udara. Tak hanya berfungsi untuk estetika saja, melainkan juga sangat bermanfaat bagi penelitian. Seperti untuk memetakan daerah maupun menginterpretasikan dunia pada bentuk gambar.

Aerial photography ini biasanya memanfaatkan beberapa perangkat seperti helicam, helikopter, pesawat, ataupun drone alias pesawat tanpa awak. Perangkat yang terakhir tersebut yang saat ini sedang populer. Tujuan dari pemotretan dari udara adalah supaya bisa menciptakan sudut pandang yang lebih dramatis dan spektakuler.

Nah, yang kali ini akan kita bahas adalah terkait dengan fakta-fakta menarik tentang aerial photography. Simak terus pembahasannya di bawah ini!

Foto yang Digunakan untuk Analisis Dampak Bencana

Jenis fotografi yang satu ini pernah digunakan pada 1906 usai gempa yang terjadi di Chicago. Adanya foto aerial ternyata dapat membantu mengetahui detail dari daerah yang terdampak dengan mudah.

Sehingga, pemerintah dapat lebih paham daerah yang mengalami kerusakan, melakukan dokumentasi, serta mengetahui perubahan lingkungan, dan sebagainya. Teknik ini menjadi makin terkenal karena mampu membantu proses penelitian dalam memahami dataran dunia dengan lebih jelas.

Cabang ilmu lain yang memakai teknik ini adalah kartografi karena bisa memudahkan dalam pemetaan dunia.

Baca juga : Mengenal Portrait Photography dan Tips Agar Hasilnya Sempurna

Menjadi Kontroversi

Meskipun memiliki manfaat di bidang keilmuan, tetapi, aerial photography ini pernah menjadi kontroversi. Sebab, menangkap gambar sensitif laiknya kargo, daerah militer, hingga markas pasukan. Bahkan, bisa juga dipakai untuk memata-matai daerah musuh.

Namun, sesudah perang dunia kedua, jenis fotografi ini digantikan dengan infrared imaging dan satelit. Sehingga, pengambilan gambar dapat dilakukan dengan jarak yang lebih aman.

Kini Menghasilkan Karya Fotografi Mengagumkan

Saat ini, aerial photography sudah lebih dikembangkan lagi. Tak hanya jadi kepentingan ilmu pengetahuan dan militer saja. Melainkan juga menghasilkan karya yang estetik. Sebab, sudah lebih banyak orang yang sadar bahwa terdapat hal menarik pada fotografi melalui udara. Serta lebih tersedianya drone berukuran mini yang mudah dibawa kemana saja.

Jika Anda menemukan lokasi yang cantik dengan waktu dan sudut yang sesuai, maka akan menghasilkan sebuah foto dengan kualitas paripurna. Sehingga, keindahan dunia akan tampak dari sudut pandang yang berbeda.

Jika Anda tertarik untuk menjajal teknik fotografi yang satu ini, pastikan gunakan beberapa media seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Sesudah itu, cetak lah supaya menjadi sebuah karya seni yang mengagumkan.

Baca juga : Mengenal Ukuran Foto Agar Anda Tidak Salah Cetak

Jangan lupa, untuk mencetaknya, Anda dapat mengandalkan Wallfame. Agency digital printing yang satu ini tidak akan mengecewakan gambar yang sudah anda ambil dengan penuh upaya tersebut. Pasalnya, pengerjaannya oleh para profesional dan menggunakan kertas foto berkualitas tinggi.

Anda juga bisa memilih frame secara langsung yang sesuai dengan tema foto. Jangan biarkan hasil aerial photography Anda hanya tersimpan di memori. Segera upload dengan klik dibawah ini dan dapatkan foto cetak beserta frame-nya dalam waktu yang singkat.